logo
Indonesian (ID)English (United Kingdom)

* Balikpapan Beriman - Ku Bangun, Ku Jaga, Ku Bela *                                                                                                            * "KALTIM BANGKIT 2013" - Membangun KALTIM Untuk Semua *                                                         *DIHIMBAU KEPADA SELURUH WARGA BALIKPAPAN UNTUK WASPADA TERHADAP BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR - SIAGA KETIKA MELIHAT HUJAN LEBAT - JANGAN PANIK !! SEGERA EVAKUASI DIRI KE TEMPAT TINGGI YANG AMAN *                     
Sunday, December 21, 2014

Home
Batavia Air Tergelincir PDF Cetak E-mail
SENIN, 20 FEBRUARI 2006 15:52

Kondisi landasan yang licin, akibat cuaca buruk, membuat pesawat dengan nomor penerbangan 7P 261 setelah melakukan penerbangan Banjarmasin-Balikpapan keluar dari landasan pacu. akibatnya, badan pesawat tergelincir sekitar 20 meter dari runway ke arah barat mendekati pagar pembatas bandara. Pesawat Batavia Air penerbangan Banjarmasin-Balikpapan, membawa sekitar 118 penumpang, termasuk seorang anak dan dua bayi. Seluruh penumpang selamat.

“Alhamdulilah, semua penumpang selamat dan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka,” kata staf Humas Angkasa Pura I Balikpapan Munsyir kepada Post Metro, kemarin di lokasi kecelakaan via telepon.
Saat dikonfirmasi, Munsyir tidak bisa memberikan keterangan lebih mengenai akibat teknis kecelakaan. “Untuk sementara, kami belum dapat memberikan komentar lebih jauh mengenai kecelakaan penerbangan Batavia Air ini. Karena kami masih mencari data teknis kecelakaan bersama pihak airlines. Dan kemungkinan besok (hari ini,Red) kami dapat berikan keterangan,” kata Mansyur.

Akibat kecelakaan pesawat komersial ini, selama dua jam lebih bandara Sepinggan Balikpapan ditutup sementara dari sejumlah penerbangan lainnya. “Selama penutupan ini, kedatangan penerbangan kami alihkan dari bandara Sepinggan Balikpapan ke bandara di Banjarmasin,” terang Mansyur.

Dan untuk menghindari terjadinya closhing akibat overshoot, akhirnya runway bandara diusahakan secara makmsimal untuk dapat digunakan untuk landing dan take off. Dan akhirnya, runway dapat digunakan untuk penerbangan kecil dan besar, hanya dengan menggunakan lintasan runway sejauh 2.000 meter dari jarak normal 2.500 meter.

Dan menurut saksi mata yang yang berhasil diwawancarai koran ini, pesawat Batavia Air yang siap landing pada pukul 14.10 dari arah timur bandara tidak terlihat adanya tanda-tanda faktor human error atau faktor engine error. Tapi lebih kepada cuaca buruk hujan lebat diserta angin kencang tersebut.

“Saat saya lihat pesawat hendak landing, kondisi pesawat dari jauh sih tidak ada masalah dan tampak seperti biasanya. Eh nggak tahunya, saat saya berpaling dan menoleh ke arah pesawat lagi, badan pesawat sudah miring dan masuk di zona hijau,” terang Dody salah satu warga saat berada di anjungan terminal bandara.

Sedangkan terminal keberangkatan bandara Sepinggan Balikpapan, tampak banyak calon penumpang yang harus mengalami pengunduran jadwal penerbangan. Dan salah satu calon penumpang mengatakan, dirinya tidak mengetahui telah terjadi kecelakaan pesawat Batavia Air hingga terjadi pengunduran jadwal penerbangan.

“Saya benar-benar tidak mengetahuinya mas. Dan saya baru mengetahui saat para calon penumpang lainnya berlarian menuju anjungan terminal bandara,” tutur Hendrawan calon penumpang penerbangan Lion Air yang sesuai jadwal terbang pada pukul 16.00.

Lalu dengan adanya pengunduran yang jadwal penerbangan ini, banyak calon penumpang yang sempat gagal terbang. “Kami masih menunggu pengumuman dari pihak bandara. Apabila hingga malam (tadi malam,Red) masih diundur jadwal penerbangannya, maka kami harus cari hotel dulu. Sebab tak mungkin toh, kalau kami balik ke Samarinda lagi,” kata Hendra.

Dan hingga berita ini diturunkan, badan pesawat yang tergelincir di zona hijau ini belum dapat di tarik ke atas runway. Dan tampaknya perlu kerja keras dari pihak bandara untuk menarik dari zona hijau dengan dongkrak khusus pesawat. Namun penerbangan akhirnya dapat kembali berjalan normal, yang hanya menggunakan runway sejauh 2.000 meter.
 

Agenda Kota

Last month December 2014 Next month
M T W T F S S
week 49 1 2 3 4 5 6 7
week 50 8 9 10 11 12 13 14
week 51 15 16 17 18 19 20 21
week 52 22 23 24 25 26 27 28
week 1 29 30 31

Program dan Kegiatan

Banner

Statistik Pengunjung

108744
Hari IniHari Ini1269
KemarinKemarin3391
Minggu IniMinggu Ini25541
Bulan IniBulan Ini89830
SeluruhnyaSeluruhnya1087448

Jejak Pendapat

Bagaimana tampilan website kota Balikpapan menurut anda ?
 


Pemerintah Kota Balikpapan
Jl. Jenderal Sudirman no.1 rt.13, Balikpapan Telp. 0542-421500, 421600, 734115 Fax: 0542-425412
e-mail : admin@balikpapan.go.id